Mengungkap Kekayaan Ilmu dan Pengetahuan

Rabu, 13 Agustus 2008

Windows...

XP lite,
O
perating

S
ystem Baru

untuk ASIA



Microsoft mengumumkan starter edition operation system (OS) WindowsXP khusus Asia. OS yang dinamai XP Lite ini rencananya mulai dipasarkan Oktober mendatang. Peminat bisa mendapatkannya di distributor Microsoft di Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Soal harga, microsoft berusaha meraih hati konsumen. Karena, saat inibeberapa toko di Asia mulai menawarkan komputer yagn menggunakan OS Linux. Seperti yang diketahui, linux merupakan open source software. Software tersebut bisa didapatkan secara gratis tanpa perlu repot memikirkan biaya lisensi. Berlawanan dengan Microsoft.

Menurut para analis industri, XP Lite memiliki kapabilitas dibawah versi orisinilnya. Pengguna software ini hanya bisa menjalankan tiga program sekaligus. Ini merupakan penurunan, mengingat kapasitas versi orisinil XP jauh diatas itu. tentunya tergantung pada memori komputer yang digunakan.

Penurunan kualitas lainnya terlihat pada resolusi displaynya. Nilai maksimumnya hanya 800x600 pixel. Berbeda dengan versi orisinal yang bisa mencapai 1024x768 pixel. Software ini juga tidak men-support jaringan antara PC. Sharring printer (pemakaian printer secara bersama dalam satu network) juga ditiadakan.

Selain itu, fitur multiple user account dalam satu PC tidak ada dalam XP Lite. Namun, masih ada berepa fitur yang sma dengan versi orisinal XP. Diantaranya koneksi internet Explorer, Windows Messenger, Outlook Express, Windows Media Player 9, WordPad, Notepad, Wondows Games, dan program yang men-support foto digital.



*BISKOM No.09 thn.04

Tidak ada komentar: