Bisnis Musik
Seperti juga Microsoft dan Apple, Yahoo kini juga terjun ke bisnis ecera lagu online. Caranya dengan membeli toko musik online yang sudah ada, http://www.musicmatch.com.
Perusahaan web portal paling populer di dunia, Yahoo Inc., memngumumkan pembelian Musicmatch. Akuisisi sebesar US$ 160 juta (mendekati Rp 1,5 Triluin) itu dianggap sebagai langkah Yahoo memasuki bisnis musik digital yang saat ini ramai digarap oleh Apple, Microsoft< RealNetwork dan Napster.
Hal ini diakui oleh pihak Yahoo. "Kami ingin menyediakan bagi pengguna kami, cara apapun yang meraka inginkan untuk berinteraksi dengan musik digital," ujar Dave Goldberg, general manager divisi music Yahoo.
Lewat akuisisi ini Musicmatch akan memberikan toko musik online dengan harga eceran US$ 99 sen (nyaris Rp 9.000). Selain itu Musicmatch juga memiliki software menajemen musik digital.
Saat ini Yahoo beru memiliki sebuah radio online yang menawarkan musik secara gratis. Akuisisi ini diharapkan mampu mendongkrak pengguna jasa musik Yahoo menjadi 23,9 juta orang orang pada akhir tahun. Saat ini Yahoo memiliki 12,9 juta pengguna jasa musiknya.
Musicmatch saat ini menawarkan 700 ribu lagi. Selain dijual eceran, Musicmatch juga menawarkan paket langganan US$ 8 (kurang lebih Rp 72.000) per bulan untuk mendengarkan lagu secara online (tanpa download). Saat ini pelanggan akses tak terbatas Musicmatch mencapai 225 ribu orang.
*Sumber BISKOM (Bisnis Komputer No.09 - Thn.04)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar